Minggu, 24 Juli 2016

4 Cara Mudah Membangun Backlink Buat Blogger Pemula

Cara Mudah Membangun Backlink. Sebelum melangkah lebih jauh, marilah kita ketahui terlebih dulu apa itu SEO (search engine optimization). Ia adalah proses pengoptimalan sebuah blog yang kompleks dan sistematis. Secara sederhana, semakin bagus SEO sebuah blog maka akan berdampak pada semakin tingginya peringkat halaman blog tersebut di mata search engine (google/bing dll) untuk kata kunci tertentu.
 
cara-mudah-membangun-backlink
Menulislah Sebagaimana Air mengalir
Sebagai contoh anda membidik kata kunci “mp3 player” di salah satu artikel blog. Kemudian ada orang hendak mencari informasi terkait “mp3 player” dan mengetikkan kata kunci tersebut di mesin pencari google. Nah di sana akan muncul urutan dari atas sampai bawah bahkan juga sampai halaman-halaman berikutnya. Nah, kalau SEO blog anda bagus maka halaman blog anda akan muncul pada halaman pertama bahkan pada urutan teratas. Sebaliknya jika SEO nya buruk, maka blog anda akan tenggelam entah di halaman berapa. Sampai sini anda mulai paham kan ?

Nah untuk mengoptimalkan blog kita di mata search engine (google friendly) maka secara garis besar ada dua macam yaitu On Page Optimization dan Off Page Optimization. Yang akan saya bahas di sini poin ke-dua saja, yakni Off Page Optimization.

Untuk melakukannya tidak ada cara lain selain dengan membangun banyak backlink (link Balik ke blog kita) dari blog-blog lain. Lantas bagaimana cara membangun backlink ? Berikut ini beberapa caranya :

1.       Sempatkan secara rutin mampir di blog tetangga yang masih satu tema dengan blog anda. Lalu berilah komentar terkait tulisan di blog tersebut dengan menggunakan nama dan link blog anda. Dengan begitu otomatis menambah jumlah backlink ke halaman blog anda. Akan lebih baik lagi kalau berkomentar di situs-situs resmi lembaga pemerintahan yang mana menurut banyak pakar, situs-situs tersebut memiliki kualitas yang tinggi sehingga mempengaruhi kualitas backlink nya juga.

2.       Buatlah Fan Page melalui akun facebook anda. Kemudian postingkan halaman-halaman blog anda di sana. Penting juga untuk mengundang teman-teman anda untuk menyukai halaman fan page tersebut.

3.       Daftarkan url blog anda ke situs Sosial BookMarking. Situs social bookmarking adalah situs yang digunakan untuk menyimpan, mengelola dan mengorganisir sebuah halaman websites. Cara mendapatkan backling dari sini cukup mudah yakni dengan mendaftar dulu, memverifikasi pendaftaran anda. Kemudian dilanjutkan dengan login dan submit (masukkan)  URL blog anda. Berikut contoh situs social bookmarking.
-          diigo.com
-          ping.sg
-          buzznet.com
-          url.org
-          socialbookmarkssite.com
-          bookmark4you.com
-          stumbleupon.com

4.       Membuat Blog Dummy/Free Blog Network. Maksudnya adalah dengan membuat beberapa blog (dari blog gratis) yang mana di dalam kontennya dapat kita sisipkan link menuju blog utama yang ingin dioptimasikan. Contoh blog gratis yang biasa dipakai orang adalah blogspot.com dan wordpress.com.

Selamat mencoba dan semoga tulisan kecil ini bermanfaat.



 Artikel Terkait :


Tidak ada komentar:

Posting Komentar